Posted on: 09/10/2020 Posted by: Lakesha Comments: 0

Bayi dilahirkan siap untuk belajar, dan otak mereka berkembang melalui pembelajaran. Anak Anda membutuhkan lingkungan yang dapat menstimulasi dengan banyak cara berbeda untuk perkembangannya kelak. Anak juga membutuhkan banyak kesempatan untuk mempraktikkan apa yang dia pelajari.

Anak dapat belajar dengan baik ketika mereka memiliki hubungan yang hangat dengan orang tua maupun teman dekatnya. Jadi, Anda memiliki peran penting untuk membantu anak Anda belajar. Anda adalah guru pertama anak Anda, dan anak Anda akan terus belajar dari Anda seiring bertambahnya usia. Dilansir dari SehatQ berikut beberapa cara Bagaimana anak Anda belajar

Bagaimana anak Anda belajar

Anak Anda dapat belajar melalui permainan dan mengeksplor semua hal yang ia lakukan.

Hubungan anak Anda dengan Anda, anggota keluarga dan pengasuh lainnya – misalnya,  pendidik anak usia dini – adalah dasar untuk pembelajaran dan perkembangan anak Anda. Banyak waktu yang dihabiskan untuk bermain dan berinteraksi dengan Anda dan orang lain membantu anak Anda mempelajari keterampilan yang dia butuhkan untuk hidup – seperti berkomunikasi, berpikir, memecahkan masalah, bergerak, dan bergaul dengan orang lain.

Anak Anda belajar paling baik dengan secara aktif terlibat dengan lingkungannya. Ini termasuk:

  • mengamati sesuatu, memperhatikan wajah dan menanggapi suara
  • mendengarkan suara, membuat suara dan bernyanyi
  • menjelajah – misalnya, memasukkan sesuatu ke dalam mulutnya, mengguncang, dan membalikkan benda
  • mengajukan pertanyaan – misalnya, ‘Tapi mengapa?’
  • bereksperimen dengan tekstur, benda dan bahan seperti air, pasir atau kotoran
  • melakukan hal-hal yang merangsang semua inderanya – sentuhan, rasa, penciuman, penglihatan dan pendengaran.

Anak Anda juga belajar dengan terlibat dalam pembelajaran-nya. Ini bisa sesederhana:

  • memilih buku untuk dibaca
  • menunjuk ke gambar di buku
  • memilih benda dan mainan untuk dimainkan
  • memilih sayuran untuk makan malam
  • takar tepung untuk muffin.

Jika anak Anda memiliki kesempatan untuk mencoba banyak aktivitas yang berbeda , ini memberinya banyak cara untuk belajar dan kesempatan untuk mempraktikkan apa yang dia pelajari. Misalnya, penting bagi anak Anda untuk memiliki aktivitas di dalam dan di luar, aktif secara fisik atau tenang, bermain bebas atau lebih terstruktur, dan sebagainya.

Anak Anda membutuhkan  dukungan Anda untuk belajar. Misalnya, terkadang dia membutuhkan Anda untuk menunjukkan kepadanya apa yang harus dilakukan. Tetapi dia tidak membutuhkan Anda untuk memberinya semua jawaban. Membiarkan anak Anda membuat kesalahan dan mencari tahu sendiri bagaimana dunia bekerja adalah bagian besar dari pembelajaran. Pujian dan dorongan saat anak Anda berusaha keras akan membuatnya tetap tertarik dan membantunya merasa senang. Anda juga bisa memberi supplement Cerebrofort Gold kepada anak. Supplement ini terbukti dapat meningkatkan kecerdasan, nafsu makan, dan pertumbuhan anak. Supplement ini bisa Anda dapatkan dengan mudah hanya di Toko SehatQ

Apa yang dipelajari anak-anak kecil

Anda dan keluarga Anda memiliki peran penting dalam apa yang dipelajari anak Anda di tahun-tahun awal ini.

Diri dan hubungan


Dari Anda dan keluarga, anak Anda belajar bahwa dia dicintai dan penting. Dia belajar kepercayaan – misalnya, ‘Saya tahu Anda akan berada di sana jika saya jatuh’. Dia mulai belajar untuk memahami kebutuhan, pikiran, perasaan, suka dan tidak suka dirinya sendiri. Akhirnya, hubungan keluarga mengajarinya tentang bergaul dengan anak-anak lain dan orang dewasa.

Bahasa dan komunikasi


Ketika Anda berbicara dan mendengarkan dengan anak Anda, dan membaca dan bernyanyi bersama, Anda membantunya belajar tentang bahasa, komunikasi tertulis dan lisan, dan keterampilan percakapan seperti bergiliran dan mendengarkan.

Ruang, tempat, dan lingkungan


Di rumah bersama Anda, anak Anda belajar tentang ukuran dan bentuknya sendiri – misalnya, ‘Saya lebih besar dari bangku kita tapi tidak sebesar meja kita’. Dia juga belajar tentang tempatnya di komunitasnya dan pengaruhnya terhadap dunia di sekitarnya. Misalnya, ‘Rumah saya di jalan ini, taman di ujung jalan, dan teman saya tinggal di jalan yang berbeda’, atau ‘Tanaman tumbuh karena saya membantu menyiraminya’.

Kesehatan dan kebugaran fisik


Dalam hal makan sehat dan aktivitas fisik, Anda adalah panutan utama bagi anak Anda. Jika Anda memilih untuk memiliki apel daripada snack bar untuk teh pagi, anak Anda kemungkinan besar akan melakukan hal yang sama. Jika Anda berjalan-jalan daripada menonton TV, anak Anda belajar bahwa olahraga adalah cara yang baik dan menyenangkan untuk menghabiskan waktu bersama.